PENINGKATAN KESADARAN ANAK TENTANG PENTINGNYA KESEHATAN GIZI MELALUI EDUKASI
Keywords:
Anak, Ggizi Kurang, EdukasiAbstract
Gizi kurang di Indonesia merupakan perkara yang menjadi tantangan bagi semua pihak dan petugas pelayanan masyarakat. Berdasarkan data (Riskesdas) yang dinyatakan oleh Kementrian Kesehatan pada tahun 2018, angka kejadian penderita gizi kurang dan gizi buruk terjadi peningkatan dari 18,4% terdistribusi sebesar 13% balita yang terkena gizi kurang dan 5,4% balita yang terkena gizi buruk di 2007 menjadi 19,6% yang terdistribusi sebesar 13,9% balita terkena gizi kurang dan 5,7% balita terkena gizi buruk di 2013, kemudian terjadi penurunan menjadi 17,7% yang terdistribusisebesar 13,8% balita terkena gizi kurang dan 3,9% balita terkena gizi buruk pada tahun 2018. Namun walaupun sudah terjadi penurunan, hasil ini masih tidak bisamencapai sasaran yang telah ditargetkan oleh (RPJMN) di tahun 2019 yang harus mencapai 17%dari keseluruhan masalah gizi. Pengabdian yang dilakukan melakukan pemberian edukasi pada anak mengenai gizi. Kegiatan pengabdian berupa pemberian edukasi gizi dan screening status gizi. Hasilnya sebanyak 50 anak mengalami peningkatan pengetahuan dengan rata-rata 94,8; status gizi normal sebanyak 11 orang status gizi kurus 36 orang, status gizi gemuk 1 orang, dan status gizi obesitas 2 orang.
References
Fadhilah, Nasihatul and Hairunnas, Hairunnas (2023). Identifikasi Pola Hidup Anak Usia 5-12 Tahun untuk Perancangan Produk Penunjang Kesehatan Anak. SERENADE: Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2 (1). pp. 297-304. ISSN 2828-0091
Kamilah, S. N., Supriati, R., Haryanto, H., & Atmaja, V. Y. (2022). Pemeriksaan Status Gizi berdasarkan Nilai Indeks Massa Tubuh pada Anak Usia 10-12 Tahun di SDN 159 Bengkulu Utara. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 95-100.
Safitri, D. E., Fitri, Z. E., & Lestari, W. A. (2022). Densitas Energi Konsumsi dan Densitas Asupan Protein Berhubungan dengan Status Gizi Anak Usia Sekolah. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 2(2), 95-102.
Siallagan, F., Junitha, I., & Setyawati, I. (2022). Height and body weight of students aged 10-12 years in rural and urban schools: elementary school in pinang sebatang timur village and pekanbaru city of riau province. SIMBIOSIS, 10(1), 88-100. https://doi.org/10.24843/JSIMBIOSIS.2022.v10.i01.p08.
Hasrul, H., Hamzah, H., & Hafid, A. (2020). Pengaruh pola makan terhadap status gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2).
Nasriyah, N., Kulsum, U., & Tristanti, I. (2021). Perilaku Konsumsi Jajanan Sekolah Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar di Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 12(1), 123-129.
Kartini, T. D., Manjilala, M., & Yuniawati, S. E. (2019). Pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Media Gizi Pangan, 26(2), 201-208.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Paul Joae Brett Nito, Rian Tasalim, Mohammad Basit, Agnes Alda Angelina, Cici Anggraina Maulida Anggraina Maulida, Maulida, Della Plorensia, Dilla Futri Ramadhani, Mariani Mariani, Muhammad Fahmi, Rahmawati Wahyudin, Raydha Shofiya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal DiMas Sari Mulia ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DiMas Sari Mulia berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.