PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SISWI DALAM MENGGALAKAN STOP BULLYING UNTUK KESEHATAN MENTAL YANG LEBIH BAIK DI SDN 6 SUNGAI LULUT BANJARMASIN
Keywords:
Kesehatan Mental, Stop bullyingAbstract
Maraknya kasus bullying yang terjadi di Indonesia saat ini khususnya dilingkungan sekolah harus menjadi perhatian mengapa hal ini bisa terjadi. Bullying kadang terjadi di ligkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Bullying merupakan masalah psikososial dengan menghina dan rendahkan orang lain secara berulang-ulang dengan dampak negatif terhadap laku dan korban bullying dimana pelaku mempunyai kekuatan lebih bandingkan korban. Bullying dapat terjadi dimana saja, baik dilingkungan masyarakat maupun lingkungan pendidikan khususnya pada remaja. Metode pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan melalui pendekatan yaitu analisis kondisi wilayah sasaran, dilanjutkan identifikasi masalah, merencakan intervensi dan melaksanakan implementasi dalam mengatasi masalah yang direncakanan dengan melaksanakan kegiatan berupa pemberikan edukasi yaitu promosi kesehatan terkait peningkatan pengetahuan siswa siswi dalam menggalakan stop bullying untuk kesehatan mental yang lebih baik Di SDN 6 Sungai Lulut Banjarmasin. Berdasarkan hasil yang dimana didapatkan penkes ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa/i tentang bullying, dengan nilai rata-rata pre-test adalah 74, dimana nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. Sedangkan untuk post-test, didapat nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100. Persentase kenaikan Tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikannnya penyuluhan adalah sebesar 4,05%.
References
Aflanie, I., Yuserina, F., Rahman, F., Fatimah, H., Yolanda, Z. W., Susanto, W. E., & Syarif, M. (2023). Upaya Pencegahan Kasus Bullying Dengan Pembentukan Polisi Anti Bullying Pada Remaja Di Kota
Banjarbaru. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1763-1768.
Coloroso, B (2020). Stop Bullying. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.
Fitri, F. (2021). Fenomena Perilaku Bullying Pada Siswa Sma Pgri 2
Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).
Manto, O. A. D., Nito, P. J. B., & Wulandari, D. (2020). Kejadian Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Banjarmasin Timur. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 473- 481.
Nito, P. J. B., Ariani, M., Manto, O. A. D., & Wulandari, D. (2022). Identification and Classsification Cyber Bullying among University’s Students. Media Keperawatan Indonesia, 5(4), 302-308.
Sudibyo, Aivan 2020. “Pengaruh Kedekatan dengan Korban dan Sikap Terhadap Bullying.
Ulfah, W. V., Mahmudah, S., & Ambarwati, R. M. (2017). Fenomena school bullying yang tak berujung. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(2), 93-100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alda Nur Arisma Arisma, Ridho Alpiani, Marisa Marisa, Nabilla Junianti, Siti Muzdalifah, Yesa Septia Trianjani, Umi Hanik Fetriyah, Subhannur Rahman, Hj. Latifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal DiMas Sari Mulia ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DiMas Sari Mulia berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.