PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI ANDROID DASAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 GAMBUT

Authors

  • Aulia Rizky M.Hendrik N.A Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Budi Ramadhani Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • M. Dedy Rosyadi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Tri Wahyu Qur’ana Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Fathul Hafidh Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Keywords:

Android, Pelatihan, Pemrograman, Pengenalan

Abstract

Berdasarkan data BPS 2018 menunjukkan bahwa jumlah pengangguran yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menduduki peringkat teratas yaitu sebesar 8,92%. Sekolah Menengah Kejuruan berperan penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara membekali soft skill dan hard skill kepada siswanya. Pengenalan Pemrograman Aplikasi Android Dasar pada SMK Negeri 1 Gambut memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pemrograman aplikasi android dan memahami alur pembuatan program sederhana menggunakan Bahasa pemrograman android. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui pengenalan dan pelatihan dengan menggunakan modul yang telah disediakan. Dalam kegiatan ini juga pelaksana melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan peserta dengan memberikan pertanyaan pre-test dan post-test. Hasil rata-rata nilai pre-test adalah 1,650, jika dibuat persentase maka hasilnya adalah 41,25%. Adapun hasil post-test setelah pelatihan dilaksanakan, rata-rata nilai post-test adalah 3,530. Jika diubah menjadi persentase maka hasilnya adalah 88,25%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan pengetahuan peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat jika dipersentasekan adalah sebesar 47%.

References

Brown, A., Kirpal, S., & Rauner, F. (2007). Identitas at work. Netherlands: Springer

Edmon, A., & Oluiyi, A. (2014). Re-engineering technical vocational education and training toward safety practice skill needs of sawmill workers against workplace hazards in Nigeria [Versi elektronik]. Journal of Education and Practice, 5 (7), 150- 157

Kasman, A Dharma. (2013). Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP dan

MYSQL. Yogyakarta: Lokomedia.

Kennedy, O.O. (2011). Philosophical and sociological overview of vocational-technical education in Nigeria [Versi elektronik]. Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 1, 167-175

Nurdina, Husna., Martono, Trisno., Bayu Sangka, Khresna. (2019). Tantangan Dan Peluang Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Surya Edunomics Mei 2019, Nomor 1, Volume 3

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990

Setiadi, Herman. (2019). Tantangan Revolusi Industri 4.0: Pembelajaran Abad 21 di SMK. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED ISBN: 978-623-92913-0-3

Sudira, P. (2012). Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press

Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April

Undang-Undang No. 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

21-05-2024

How to Cite

Rizky M.Hendrik N.A, A., Ramadhani, B., Dedy Rosyadi, M., Wahyu Qur’ana, T., & Hafidh, F. (2024). PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI ANDROID DASAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 GAMBUT. DIMAS: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 84–89. Retrieved from https://ejurnal.unism.ac.id/index.php/dimas/article/view/674