PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI ANDROID DASAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 GAMBUT
Keywords:
Android, Pelatihan, Pemrograman, PengenalanAbstract
Berdasarkan data BPS 2018 menunjukkan bahwa jumlah pengangguran yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menduduki peringkat teratas yaitu sebesar 8,92%. Sekolah Menengah Kejuruan berperan penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara membekali soft skill dan hard skill kepada siswanya. Pengenalan Pemrograman Aplikasi Android Dasar pada SMK Negeri 1 Gambut memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pemrograman aplikasi android dan memahami alur pembuatan program sederhana menggunakan Bahasa pemrograman android. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui pengenalan dan pelatihan dengan menggunakan modul yang telah disediakan. Dalam kegiatan ini juga pelaksana melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan peserta dengan memberikan pertanyaan pre-test dan post-test. Hasil rata-rata nilai pre-test adalah 1,650, jika dibuat persentase maka hasilnya adalah 41,25%. Adapun hasil post-test setelah pelatihan dilaksanakan, rata-rata nilai post-test adalah 3,530. Jika diubah menjadi persentase maka hasilnya adalah 88,25%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan pengetahuan peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat jika dipersentasekan adalah sebesar 47%.
References
Brown, A., Kirpal, S., & Rauner, F. (2007). Identitas at work. Netherlands: Springer
Edmon, A., & Oluiyi, A. (2014). Re-engineering technical vocational education and training toward safety practice skill needs of sawmill workers against workplace hazards in Nigeria [Versi elektronik]. Journal of Education and Practice, 5 (7), 150- 157
Kasman, A Dharma. (2013). Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP dan
MYSQL. Yogyakarta: Lokomedia.
Kennedy, O.O. (2011). Philosophical and sociological overview of vocational-technical education in Nigeria [Versi elektronik]. Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 1, 167-175
Nurdina, Husna., Martono, Trisno., Bayu Sangka, Khresna. (2019). Tantangan Dan Peluang Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Surya Edunomics Mei 2019, Nomor 1, Volume 3
Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990
Setiadi, Herman. (2019). Tantangan Revolusi Industri 4.0: Pembelajaran Abad 21 di SMK. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED ISBN: 978-623-92913-0-3
Sudira, P. (2012). Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press
Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April
Undang-Undang No. 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DIMAS-JPM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal DiMas Sari Mulia ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DiMas Sari Mulia berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.