The Responsibility For Choking Hazards And Management In Children At TK Pembina Banjarmasin

Authors

  • Dyah Trifianingsih STIKES Suaka Insan

Keywords:

choking, knowledge, preparednes

Abstract

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Kegawatdaruratan dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan dapat menimpa siapa saja. Salah satu kegawatdaruratan yang sering menimpa anak usia dini adalah tersedak. Tersedak adalah penyebab utama cedera dan kematian pada anak-anak. Diperlukan kesiapan penanganan yang cepat dan tepat pada kasus tersedak yang dapat meningkatkan keberhasilan dan tingkat kelangsungan hidup. Tujuan: Melakukan pemberdayaan masyarakat terutama pada guru dan orang tua yamg memiliki anak usia dini dalam penanganan kasus tersedak pada anak. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan pemberian pre test, dilanjutkan pemberian pendidikan kesehatan melalui ceramah, praktik, diskusi dan diakhiri dengan post test. Hasil: Setelah dilakukan pengabdian kepada masyarakat diperoleh peningkatkan pengetahuan guru-guru maupun orang tua yang memiliki anak usia dini dalam penanganan tersedak dilihat dari perubahan nilai rata-rata yang diperoleh. Simpulan: Penanganan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dapat juga menyelamatkan nyawa seseorang dengan masalah-masalah medis seperti kasus tersedak. Pendidikan kesehatan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama guru dan orang tua yang memiliki anak usia dini dalam pencegahan, mengenali dan melakukan pertolongan pertama pada tersedak sesuai dengan kebutuhan dan tindakan yang bisa dilakukan oleh orang awam.

 

Kata kunci: kesiapsiagaan, pengetahuan, tersedak

 

 

ABSTRACT

 

Keywords: choking, knowledge, preparednes

References

DAFTAR PUSTAKA
Agustini, N. L. P. I. B., Suyasa, I. G. P. D., Wulansari, N. T., Dewi, I. G. A. P. A., & Rismawan, M. (2018). Penyuluhan dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 1(2) diakses pada tanggal 18 Oktober 2020 dari https://www.undhirabali.ac.id/jurnal/index.php/ para_dharma/article/view/318
Behboudi, F., Pouralizadeh, M., Yeganeh, M. R., & Roushan, Z. A. (2021). The effect of education using a mobile application on knowledge and decision of Iranian mothers about prevention of foreign body aspiration and to relieve choking in children: A quasi-experimental study. Journal of Pediatric Nursing. doi:10.1016/j.pedn.2021.07.007.
Bentivegna, K. C., Borrup, K. T., Clough, M. E., & Schoem, S. R. (2018). Basic choking education to improve parental knowledge. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 113, 234–239. doi:10.1016/j.ijporl.2018.08.002.
Chang, D. T., Abdo, K., Bhatt, J. M., Huoh, K. C., Pham, N. S., & Ahuja, G. S. (2021). Persistence of choking injuries in children. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 144, 110685. doi:10.1016/j.ijporl.2021.110685.
Dikti, 2005. UU RI no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Retrieved from http://www.cercp.org/images/stories/recursos/Guias 2015/Guidelines-RCP-AHA-2015-Full. pdf
Emad, A. M. 2015. Chocking Among Infants and Young Children. http://doi.org
Ernawati, R. 2020. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru TK Aba Terhadap Tanggap Bahaya Tersedak (Choking). Journal of Community Engagement in Health. Vol.4 No.1. Mar 2021. Page.188-194
Ganfure, G., Ameya, G., Tamirat, A., Lencha, B., & Bikila, D. (2018). First aid knowledge, attitude, practice, and associated factors among kindergarten teachers of Lideta sub-city Addis Ababa, Ethiopia. PLOS ONE, 13(3), e0194263. doi:10.1371/journal.pone.019426.
Higuchi, O., Adachi, Y., Adachi, Y. S., Taneichi, H., Ichimaru, T., & Kawasaki, K. (2013). Mothers’ knowledge about foreign body aspiration in young children. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 77(1), 41–44. doi:10.1016/j.ijporl.2012.09.02
Kemendikbud, 2015. Paud Holistik integrative di satuan paud. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/12884/1/4.-Juknis-PAUD-HI.pdf
Permendikbud, 2014. Kemendikbud SN PAUD. Retrived from http://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Sabrina. 2008. Awas, kecelakaan di dalam rumah. http://kabarnews.com/article.cfm/article=31845.
Santillanes, G., Gausche-Hill, M., & Sosa, B. (2006). Preparedness of Selected Pediatric Offices to Respond to Critical Emergencies in Children. Pediatric Emergency Care, 22(11), 694–698. doi:10.1097/01.pec.0000238744.73735.0e
Sidell, D. R., Kim, I. A., Coker, T. R., Moreno, C., & Shapiro, N. L. (2013). Food choking hazards in children. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 77(12), 1940–1946. doi:10.1016/j.ijporl.2013.09.00.
Syafitri, S. A., & Saputro, Y. A. (2018). Pengaruh Edukasi Keluarga tentang Pencegahan
Perawatan cedera tersedak pada anak terhadap pengetahuan dan ketrampilan
Keluarga. Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(2), 89–96. Retrieved from
http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jemani/article/view/212/248
Thalib, A. H., & Asia, N. (2020). Gambaran Pengetahuan Perawatan tentang Prosedur Tindkan Resusitasi Jantung Paru pada Pasien Cardiac Arrest di RS Tk.II Pelamonia Makasar. Jurnal Mitrasehat.
UU, 2014. UU RI no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Retrieved from http://www.bphn.go.id/data/document/14uu35.pdf
Wei, Y.-L., Chen, L.-L., Li, T.-C., Ma, W.-F., Peng, N.-H., & Huang, L.-C. (2013). Self-efficacy of first aid for home accidents among parents with 0- to 4-year-old children at a metropolitan community health center in Taiwan. Accident Analysis & Prevention, 52, 182–187. doi:10.1016/j.aap.2012.12.002.

Published

2022-10-06