DUKUNGAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI KECEMASAN MENOPAUSE PADA WANITA USIA 40-50 TAHUN : LITERATUR REVIEW

Main Article Content

Ria Riana Permata Dewi
Novita Dewi Iswandari

Abstract

Latar Belakang: Menopause merupakan keadaan dimana seorang perempuan tidak lagi mengalami menstruasi yang terjadi pada rentang usia 50 sampai 58 tahun. Pada masa ini sangat kompleks bagi perempuan karena akan mengalami perubahan kesehatan fisik yang akan mempengaruhi kesehatan psikologinya. Oleh karena itu wanita usia menopause memerlukan dukungan suami dan keluarga dalam melakukan aktivitas sehari-hari sehingga menimbulkan perasaan bahagia, merasa diperhatikan dan bisa menurunkan kecemasan. Penelitian yang dilakukan oleh (Septiani, 2019) dari 11 Negara di Amerika Latin menyatakan perempuan menopause mengalami gangguan kecemasan (61,9%), gangguan perubahan fisik yang mempengaruhi kualitas hidup (13,7%), urogenital (25,5%), psikologis (18,5%), dan somatik (4,5%).


Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis dukungan keluarga dalam menghadapi kecemasan pada wanita usia 40-50 tahun.


Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur review dengan menggunakan data base terindeks seperti google scholar, e-resourse Perpusnas.


Hasil: Dari 10 jurnal dukungan keluarga dalam menghadapi kecemasan pada menopause didapatkan ada 3 jurnal tentang pengetahuan yang kurang baik hal ini dikarenakan adanya pengaruh antara pengetahuan dengan kecemasan yang dialami responden dikarenakan responden sudah memiliki pengetahuan yang standar. 2 jurnal tentang pendidikan yang rendah hal ini dikarenakan adanya bahwa tingkat pendidikan ibu merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi terhadap tingkat kecemasan ibu terhadap menopuase dan 4 jurnal dengan dukungan keluarga baik karena dukungan suami sangat dibutuhkan oleh wanita yang akan memasuki masa menopause, karena pada masa ini seorang wanita sudah mulai menunjukkan fungsi fisiologis tubuh yang menurun.


Simpulan: Dari 10 jurnal literature review disimpulkan bahwa ada pengaruh hubungan dukungan keluarga dalam menghadapi kecemasan menopause pada wanita usia 40-50 tahun.


Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Kecemasan, Menopause.

Article Details

How to Cite
Ria Riana Permata Dewi, & Iswandari, N. D. (2024). DUKUNGAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI KECEMASAN MENOPAUSE PADA WANITA USIA 40-50 TAHUN : LITERATUR REVIEW. Midwifery And Complementary Care, 1(2), 9–18. https://doi.org/10.33859/mcc.v1i2.261
Section
Articles