PENGARUH PENERAPAN PELAYANAN ANC BIDAN DENGAN LAYANAN 5S TERHADAP KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS HARUAI

Main Article Content

Maria Esterlina
Susanti Suhartati
Muhammad Rizali

Abstract





Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang  berorientasi pada kepuasan terutama pelayanan ANC dengan layanan 5S. Kepuasan dapat mempengaruhi minat kembali, jika pasien puas maka akan berdampak positif bagi puskesmas. Banyak penerapan 5S dalam memberikan pelayanan ibu hamil belum maksimal


Tujuan: Diketahui bagaimana Pengaruh Penerapan Pelayanan Anc Bidan dengan layanan 5S Terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Haruai.


Metode: Penelitian ini menggunakan kuantitatif observasional dengan pendekatan cross-sectional, Populasi penelitian berjumlah 75 orang, Sampel menggunakan non probability sampling accidental sampling.


Hasil: pada penelitian ini di dapatkan p value = 0,075 > α 0,05 yang artinya Tidak ada pengaruh penerapan Pelayanan ANC Bidan dengan Layanan 5S Terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Haruai.


Kesimpulan : Sebagian besar bidan (93,7%) telah menerapkan 5S saat memberikan pelayanan Kebidanan Namun masih ada sebagian kecil di temukan bidan yang tidak menerapkan Pelayanan 5S yaitu sebanyak 6,3%. Sebagian besar ibu hamil 87,3% merasa puas terhadap pelayanan yang sudah diberikan dan sebagian kecil yang tidak puas sebanyak 12,7%. Dan dari Hasil uji Chi=Square didapatkan p value = 0,075 > α 0,05 yang artinya Tidak ada pengaruh penerapan Pelayanan 5S Bidan dengan kepuasan ibu hamil di Puskesmas Haruai.


 





Article Details

How to Cite
Esterlina, M., Suhartati, S., & Rizali, M. (2024). PENGARUH PENERAPAN PELAYANAN ANC BIDAN DENGAN LAYANAN 5S TERHADAP KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS HARUAI . Midwifery And Complementary Care, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.33859/mcc.v1i2.301
Section
Articles