PENGARUH PENERAPAN PELAYANAN ANC BIDAN DENGAN LAYANAN 5S TERHADAP KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS HARUAI
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang berorientasi pada kepuasan terutama pelayanan ANC dengan layanan 5S. Kepuasan dapat mempengaruhi minat kembali, jika pasien puas maka akan berdampak positif bagi puskesmas. Banyak penerapan 5S dalam memberikan pelayanan ibu hamil belum maksimal
Tujuan: Diketahui bagaimana Pengaruh Penerapan Pelayanan Anc Bidan dengan layanan 5S Terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Haruai.
Metode: Penelitian ini menggunakan kuantitatif observasional dengan pendekatan cross-sectional, Populasi penelitian berjumlah 75 orang, Sampel menggunakan non probability sampling accidental sampling.
Hasil: pada penelitian ini di dapatkan p value = 0,075 > α 0,05 yang artinya Tidak ada pengaruh penerapan Pelayanan ANC Bidan dengan Layanan 5S Terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Haruai.
Kesimpulan : Sebagian besar bidan (93,7%) telah menerapkan 5S saat memberikan pelayanan Kebidanan Namun masih ada sebagian kecil di temukan bidan yang tidak menerapkan Pelayanan 5S yaitu sebanyak 6,3%. Sebagian besar ibu hamil 87,3% merasa puas terhadap pelayanan yang sudah diberikan dan sebagian kecil yang tidak puas sebanyak 12,7%. Dan dari Hasil uji Chi=Square didapatkan p value = 0,075 > α 0,05 yang artinya Tidak ada pengaruh penerapan Pelayanan 5S Bidan dengan kepuasan ibu hamil di Puskesmas Haruai.