PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN TENTANG PENGGUNAAN RODA KLOP SEBAGAI PENAPISAN KELAYAKAN MEDIS PADA AKSEPTOR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PULAU KUPANG

Main Article Content

Norhaliza Norhaliza
Laurensia Yunita
Iwan Yuwindry

Abstract





Latar Belakang: Keberhasilan keluarga berencana di Indonesia tidak lepas dari bagaimana konseling yang diberikan. Oleh karena itu konselor kesehatan perlu mengetahui kondisi medis dan karakteristik khusus sebelum klien menggunakan kontrasepsi. Tenaga kesehatan belum menggunakan alat bantu roda KLOP dalam memberikan pelayanan sebelum penggunaan kontrasepsi, pentingnya roda KLOP dapat mengurangi hambatan medis, dan meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB, dikarenakan pada klien dengan kondisi medis atau karakteristik khusus, terdapat metode kontrasepsi yang mungkin dapat memperburuk kondisi medis atau membuat risiko kesehatan tambahan serta mempengaruhi efektifitas metode kontrasepsi.


Tujuan: Untuk mengetahui pengetahuan tenaga kesehatan tentang penggunaan Roda KLOP sebagai penapisan kelayakan medis pada Akseptor di Wilayah Kerja Puskesmas Pulau Kupang.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi adalah tenaga kesehatan bidan yang bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas Pulau Kupang yang berjumlah 26 orang dengan teknik total sampling.


Hasil: Pengetahuan tenaga kesehatan tentang penggunaan roda KLOP KB sebagai penapisan kelayakan medis pada akseptor tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi dan koefisien Kurang <55% Cukup 56-75%, Baik 76-100% (Mail et al., 2020). Responden dengan pengetahuan baik yaitu sebanyak 17 orang (65,4%), dan responden yang pengetahuannya cukup sebanyak 9 orang (34,6%).


Simpulan: Kemampuan dan ketepatan petugas melakukan penapisan kriteria kelayakan medis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kontrasepsi. tetapi dalam hal ini penggunaan roda KLOP masih belum dipergunakan secara maksimal karena tidak terlepas pula dukungan usaha Kementerian Kesehatan dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional untuk melancarkan program Keluarga Berencana.


Kata Kunci: Kriteria Kelayakan Medis, Pengetahuan, Tenaga Kesehatan





Article Details

How to Cite
Norhaliza, N., Yunita, L., & Yuwindry, I. (2024). PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN TENTANG PENGGUNAAN RODA KLOP SEBAGAI PENAPISAN KELAYAKAN MEDIS PADA AKSEPTOR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PULAU KUPANG. Midwifery And Complementary Care, 1(2), 45–50. Retrieved from https://ejurnal.unism.ac.id/index.php/MaCC/article/view/337
Section
Articles