KUALITAS HIDUP IBU HAMIL DENGAN RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS PEKAUMAN

Main Article Content

salma mariesa
Sismeri Dona
Husda Oktaviannoor

Abstract

Latar Belakang: Ibu hamil dengan risiko tinggi mengeluh dirinya sering merasa khawatir, takut, tidur tidak nyenyak, sering pusing, kurang semangat dalam beraktivitas dan membatasi interaksi dengan orang lain secara langsung. Risiko tinggi akan membahayakan pada kualitas hidup ibu hamil tersebut.


Tujuan: Mengetahui kualitas hidup ibu hamil dengan risiko tinggi di Puskesmas Pekauman.


Metode: Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik total sampling pada 47 responden. Pengumpulan data menggunakan skala kualitas hidup WHOQOL-Bref. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk mengetahui frekuensi dan persentase pada variabel penelitian.


Hasil: Ibu hamil dengan risiko tinggi memiliki kualitas hidup baik 53% , sedang 28%, dan buruk 19%. Domain lingkungan merupakan kategori buruk tertinggi dan domain hubungan sosial merupakan kategori baik tertinggi. Ibu hamil dengan risiko tinggi sebagian besar memiliki kualitas hidup baik yaitu 53% artinya ibu hamil dengan risiko tinggi lebih banyak merasa nyaman secara fisik, psikologis, sosial serta lingkungan yang secara optimal memanfaatkan kehidupanya untuk kebahagian dirinya maupun orang lain.


Kata Kunci: Ibu Hamil, Kualitas Hidup, Risiko Tinggi

Article Details

How to Cite
mariesa, salma, Sismeri Dona, & Husda Oktaviannoor. (2024). KUALITAS HIDUP IBU HAMIL DENGAN RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS PEKAUMAN. Midwifery And Complementary Care, 1(2), 29–33. Retrieved from https://ejurnal.unism.ac.id/index.php/MaCC/article/view/338
Section
Articles